Kamis, 05 Januari 2017

STANDART MANAJEMEN



STANDART MANAJEMEN


Standarmanajemen adalahstrukturtugas, prosedurkerja, sistemmanajemendanstandarkerjadalambidangkelembagaan, usahasertakeuangan.Namunpengertianstandarmanajemenakanlebihspesifikjikamenjadistandarmanajemenmutu, untukmendukungstandarisasipadasetiapmutuproduk yang di hasilkanperusahanmakahadirlahOrganisasiInternasionaluntukStandarisasiyaituInternasional Organization for Standardization (ISO) berperansebagaibadanpenetapstandarinternasional yang terdiridariwakil-wakilbadanstandarisasinasionalsetiapnegara.

ISO didirikanpada 23 februari 1947, ISO menetapkanstandar-standar industrial dankomersialdunia, ISO adalahjaringaninstitusistandarnasionaldari 148 negara, padadasarnyasatuanggotapernegara, ISO bukanorganisasipemerintah ISO menempatiposisispesialdiantarapemerintahdanswasta. Olehkarenaitu, ISO mampubertindaksebagaiorganisasi yang menjembatanidimanakonsensusdapatdiperolehpadapemecahanmasalah yang mempertemukankebutuhanbisnisdankebutuhanmasyarakat.

Proses sertifikasiuntukpersyaratanStandarSistemManajemenMutu, misalnya ISO 9001:2000, adalahdiakuisebagaisuatuupayadancaraujidaripeningkatankinerjadanproduktifitasperusahaandanjugasebagaipembandingterhadaphasilkerjadanpencapaiankeunggulanbisnis. Yang dimaksudmutudisiniadalahgambarandankarakteristikkonsumenataupelanggandaribarangataujasa yang menunjukankemampuannyadalammemuaskankonsumensesuaidengankebutuhan yang di tentukan.

ISO 9000

ISO 9000 adalahkumpulanstandaruntuksistemmanajemenmutu (SMM).ISO 9000 yang dirumuskanoleh TC 176 ISO, yaituorganisasiinternasional di bidangstandardisasi.ISO 9000 pertama kali dikeluarkanpadatahun 1987 oleh International Organization for Standardization Technical Committee (ISO/TC) 176.ISO/TC inilah yang bertanggungjawabuntukstandar-standarsistemmanajemenmutu. ISO/TC 176 menetapkansikluspeninjauanulangsetiap lima tahun, gunamenjaminbahwastandar-standar ISO 9000 akanmenjadi up to date danrelevanuntukorganisasi.

Revisiterhadapstandar ISO 9000 telahdilakukanpadatahun 1994 dantahun 2000.
      1.   Adanyasatu set prosedur yang mencakupsemua proses pentingdalambisnis.  
      2. Adanyapengawasandalam proses pembuatanuntukmemastikanbahwasistemmenghasilkan              produk-produkberkualitas.
      3.    Tersimpannya data danarsippentingdenganbaik.
      4.  Adanyapemeriksaanbarang-barang yang telahdiproduksiuntukmencari unit-unit yang rusak,            dengandisertaitindakanperbaikan yang benarapabiladibutuhkan.
      5.    Secarateraturmeninjaukeefektifantiap-tiap proses dansistemkualitasitusendiri.

Sebuahperusahaanatauorganisasi yang telahdiauditdandisertifikasisebagaiperusahaan yang memenuhisyarat-syaratdalam ISO 9001 berhakmencantumkan label "ISO 9001 Certified" atau "ISO 9001 Registered".
Sertifikasiterhadapsalahsatu ISO 9000 standartidakmenjaminkualitasdaribarangdanjasa yang dihasilkan.Sertifikasihanyamenyatakanbahwabisnis proses yang berkualitasdankonsistendilaksanakan di perusahaanatauorganisasitersebut. Walaupanstandar-standarinipadamulanyauntukpabrik-pabrik, saatinimerekatelahdiaplikasikankeberbagaiperusahaandanorganisasi, termasukperguruantinggidanuniversitas.

Kumpulan Standar ISO 9000
ISO 9000 mencakupstandar-standar di bawahini:
1.      ISO 9000 - Quality Management Systems - Fundamentals and Vocabulary: mencakupdasar-  dasarsistemmanajemenkualitasdanspesifikasiterminologidariSistemManajemenMutu (SMM).
2.      ISO 9001 - Quality Management Systems - Requirements: ditujukanuntukdigunakan di organisasimanapun yang merancang, membangun, memproduksi, memasangdan/ataumelayaniprodukapapunataumemberikanbentukjasaapapun. Standarinimemberikandaftarpersyaratan yang harusdipenuhiolehsebuahorganisasiapabilamerekahendakmemperolehkepuasanpelanggansebagaihasildaribarangdanjasa yang secarakonsistenmemenuhipermintaanpelanggantersebut.Implementasistandariniadalahsatu-satunya yang bisadiberikansertifikasiolehpihakketiga.
3.      ISO 9004 - Quality Management Systems - Guidelines for Performance Improvements: mencakupperihalperbaikansistem yang terus-menerus. Bagianinimemberikanmasukantentangapa yang bisadilakukanuntukmengembangkansistem yang telahterbentuk lama. Standarinitidaklahditujukansebagaipanduanuntukimplementasi, hanyamemberikanmasukansaja.

Masihbanyaklagistandar yang termasukdalamkumpulan ISO 9000, dimanabanyakjugadiantaranya yang tidakmenyebutkannomor "ISO 900x" seperti di atas.Beberapastandardalam area ISO 10000 masihdianggapsebagaibagiandarikumpulan ISO 9000.Sebagaicontoh ISO 10007:1995 yang mendiskusikanManajemenKonfigurasidimana di kebanyakanorganisasiadalahsalahsatuelemendarisuatusistemmanajemen.

ISO mencatat "Perhatianterhadapsertifikasisering kali menutupifaktabahwaterdapatbanyaksekalibagiandalamkumpulanstandar ISO 9000 ... Suatuorganisasiakanmeraupkeuntunganpenuhketikastandar-standarbarudiintegrasikandenganstandar-standar yang lain sehinggaseluruhbagian ISO 9000 dapatdiimplementasikan". Sebagaicatatan, ISO 9001, ISO 9002 dan ISO 9003 telahdiintegrasikanmenjadi ISO 9001.Kebanyakan, sebuahorganisasi yang mengumumkanbahwadirinya "ISO 9000 Registered" biasanyamerujukpada ISO 9001. ..

SYSTEM MANAJEMEN PRODUKSI TQM

Total Quality MANAGEMENT (TQM) mengacupadapenekanankualitas yang meliputiorganisasikeseluruhan, mulaidaripemasokhinggapelanggan.TQM menekankankomitmenmanajemenuntukmendapatkanarahanperusahaan yang inginterusmeraihkeunggulandalamsemuaaspekprodukdanjasapentingbagipelanggan. Ada beberapaelemenbahwasesuatudikatakanberkualitas,  yaitu
1.      Kualitasmeliputiusahamemenuhiataumelebihiharapanpelanggan
2.      Kualitasmencakupproduk, jasa, manusia, proses, danlingkungan
3.    Kualitasmerupakankondisi yang selaluberubah (apa yang dianggapberkualitassaatinimungkindianggapkurangberkualitaspadasaat yang lain).
4.    Kualitasmerupakansuatukondisidinamis yang berhubungandenganproduk, jasa, manusia, proses, danlingkungan yang memenuhiataumelebihiharapan.

Tujuhkonsep program TQM yang efektifyaituperbaikanberkesinambungan, Six Sigma, pemberdayaanpekerja, benchmarking, just-in-time (JIT), konsep Taguchi, danpengetahuanperangkat TQM

STANDAR MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA

Pengertian (Definisi) SistemManajemen K3 (KeselamatandanKesehatanKerja) secaraumummerujukpada 2 (dua) sumber, yaituPermenaker No 5 Tahun 1996 tentangSistemManajemenKeselamatandanKesehatanKerjadanpadaStandar OHSAS 18001:2007 Occupational Health and Safety Management Systems.

Pengertian (Definisi) SistemManajemen K3 (KeselamatandanKesehatanKerja) menurutPermenaker No 5 Tahun 1996 tentangSistemManajemenKeselamatandanKesehatanKerjaialahbagiandarisistemsecarakeseluruhan yang meliputistrukturorganisasi, perencanaan, tanggung-jawab, pelaksanaan, prosedur, proses dansumberdaya yang dibutuhkanbagipengembangan, penerapan, pencapaian, pengajiandanpemeliharaankebijakanKeselamatandanKesehatanKerjadalamrangkapengendalianresiko yang berkaitandengankegiatankerjagunaterciptanyatempatkerja yang aman, efisiendanproduktif. SedangkanPengertian (Definisi) SistemManajemen K3 (KeselamatandanKesehatanKerja) menurutstandar OHSAS 18001:2007 ialahbagiandarisebuahsistemmanajemenorganisasi (perusahaan) yang digunakanuntukmengembangkandanmenerapkanKebijakan K3 danmengelolaresiko K3organisasi (perusahaan) tersebut.

Elemen-ElemenSistemManajemenKeselamatandanKesehatanKerjabisaberagamtergantungdarisumber (standar) danaturan yang kitagunakan.Secaraumum, StandarSistemManajemenKeselamatanKerja yang sering (umum) dijadikanrujukanialahStandar OHSAS 18001:2007, ILO-OSH:2001danPermenaker No 5 Tahun 1996 tentangSistemManajemenKeselamatandanKesehatanKerja.

STANDAR MANAJEMEN LINGKUNGAN
StandarManajemenadalahserangkaiansyarat-syaratdansistem-sistem yang harusdipenuhidalammengaturpermasalahan yang ada di dalamsuatubidang.Standar-standarmanajementerdiridari ISO 14000, ISO 9000, OHSAS 18000 dan lain-lain.

ISO 14000
Standarmanajemenlingkungan yang sifatnyasukarelatetapikonsumenmenuntutprodusenuntukmelaksanakan program sertifikasitersebut.Pelaksanaan program sertifikasi ISO 14000 dapatdikatakansebagaitindakanproaktifdariprodusen yang dapatmengangkatcitraperusahaandanmemperolehkepercayaandarikonsumen.DengandemikianmakapelaksanaanSistemManajemenLingkungan (SML) berdasarkanStandar ISO Seri 14000 bukanmerupakanbebantetapijustrumerupakankebutuhanbagiprodusen (Kuhre, 1996).

ISO 9000
Kumpulan standaruntuksistemmanajemenmutu (SMM).ISO 9000 yang dirumuskanoleh TC 176 ISO, yaituorganisasiinternasional di bidangstandardisasi. ISO 9000 pertama kali dikeluarkanpadatahun 1987 oleh International Organization for Standardization Technical Committee  (ISO/TC) 176. ISO/TC inilah yang bertanggungjawabuntukstandar-standarsistemmanajemenmutu. ISO/TC 176 menetapkansikluspeninjauanulangsetiaplimatahun, gunamenjaminbahwastandar-standar ISO 9000 akanmenjadi up to datedanrelevanuntukorganisasi. Revisiterhadapstandar ISO 9000 telahdilakukanpadatahun 1994 dantahun 2000.

OHSAS 18000
Standar OHSAS 18000 merupakanspesifikasidari system manajemenkesehatandankeselamatankerjaInternasionaluntukmembantuorganisasimengendalikanresikoterhadapkesehatandankeselamatanpersonilnya.

ISO 14000
Standarmanajemenlingkungan yang sifatnyasukarelatetapikonsumenmenuntutprodusenuntukmelaksanakan program sertifikasitersebut.Pelaksanaan program sertifikasi ISO 14000 dapatdikatakansebagaitindakanproaktifdariprodusen yang dapatmengangkatcitraperusahaandanmemperolehkepercayaandarikonsumen.DengandemikianmakapelaksanaanSistemManajemenLingkungan (SML) berdasarkanStandar ISO Seri 14000 bukanmerupakanbebantetapijustrumerupakankebutuhanbagiprodusen (Kuhre, 1996).

Sumber :
http://makalahcenter.blogspot.sg/2011/01/standar-keselamatan-dan-kesehatan-kerja.html
http://eagusna.blogspot.sg/2012/06/normal-0-false-false-false-en-us-ja-x.html
https://ampundeh.wordpress.com/2012/09/23/manajemen-kualitas-quality-management/
http://rohmatmulyanast.blogspot.sg/2012/06/pentingnya-pemahaman-standar-manajemen.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar