PENGERTIAN
INTERNET
Internet
berasal dari kata Interconnection Networking dan mempunyai arti hubungan
komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan mencakup seluruh
dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti
telepon, radio link, satelit dan lainnya sehingga di dalamnya menghubungkan
situs-situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan.
Internet
mengacu pada istilah jaringan bukan aplikasi. Internet tidak memiliki manfaat
apabila tidak ada aplikasi yang sesuai dan bisa digunakan untuk berbagai
keperluan. Setiap aplikasi berjalan di atas protocol tertentu. Istilah
“protokol” di internet mengacu pada satu set aturan yang megatur bagaimana
sebuah aplikasi berkomunikasi dalam suatu jaringan.
Sejarah
dan Perkembangan Internet.
Pada
awalnya Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen
Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut
ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka
mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis
UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui
saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa
besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka
tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal
sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan
awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu
Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat
sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di
daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan
untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang
dapat mudah dihancurkan.
Pada
mulanya ARPANET hanya menghubungkan 3 situs saja yaitu Stanford Research
Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana
mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET
diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini
berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut
ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh
sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer
dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti,
universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama
DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
Pemanfaatan Internet
Era
globalisasi saat ini merupakan salah satu dampak perkembangan dalam bidang
Teknologi Informasi(TI). Perkembangan TI tidak dapat lepas dari teknologi
komputer . Hal ini ditunjukkan oleh pesatnya perkembangan perangkat keras
(hardware) dan perangkat lunak (software) serta aplikasinya dalam
berbagai bidang seperti pendidikan, dunia usaha dan perkantoran
dsb. Salah satu perkembangan teknologi komputer adalah teknologi jaringan
komputer dan internet. Teknologi ini mampu menyambungkan hampir semua komputer
yang ada didunia sehingga bisa saling berkomunikasi dan bertukar informasi.
Bentuk informasi yang dapat ditukar dapat berupa data teks, gambar,gambar
bergerak dan suara.
Dengan
adanya internet ini dunia menjadi terasa tanpa batas ruang dan waktu. Dengan
adanya internet ini segala bentuk informasi menjadi semakin terbuka. Apa
yang baru saja terjadi di berbagai belahan dunia dapat diketahui dengan cepat
di belahan dunia yang lain. Kecanggihan teknologi sudah tersedia, dimana melalui
teknologi internet kita dapat memperoleh segala macam informasi dan komunikasi
mulai dari informasi pendidikan, politik, ekonomi,bahan riset, iklan, gaya
hidup, belanja, hiburan dsb yang menyangkut seluruh aspek kehidupan yang
terjadi dan ada di seluruh belahan dunia. Ketersediaaan pusat informasi yang
dapat diakses dimanapun dan kapanpun serta berisi tentang apapun yang kita
ingin ketahui dan Internet juga memungkinkan terbentuknya jaringan
komunikasi multimedia yang begitu luas ke seluruh dunia, alangkah sayang jika
tidak termanfaatkan/tidak mampu memanfaatkannya.
Dalam
membangun SDM dunia pendidikan dituntut untuk mampu mengikuti (Up date)
perkembangan aplikasi IPTEK didunia Industri agar lulusannya memiliki
kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Dari fakta tersebut
salah satu cara untuk mampu mengikuti perkembangan IPTEK yang cepat adalah
selalu aksese informasi yang up to date dan semua itu dapat di dapat
melalui internet.
Diera
informasi ini provider provider sudah ada hampir disetiap kota sehingga akses
internet menjadi semakin murah dan terjangkau didukung maraknya bisnis warnet
yang hampir disetiap sudut bisa kita jumpai. Oleh karena itu kemampuan
mengakses internet sudah menjadi tuntutan kompetensi diera global.
Pemanfatan Internet Sebagai Sumber
Belajar
Proses Belajar adalah proses untuk
merubah dari yang tidak tahu menjadi tahu. Maka didalam belajar terdapat
informasi informasi (pengetahuan) yang harus diberikan kepada peserta didik.
Untuk memperoleh informasi harus dicari dari sumber sumber informasi. Salah
satu sumber informasi adalah intrernet. Internet adalah pusat informasi yang
multi bidang. Semua aspek kehidupan baik yang berdampak positif maupun negative
dapat diakses dan diperoleh dari internet. Oleh karena itu dalam pemanfaatan
internet kita harus memiliki filter keimananan serta moralitas yang baik untuk
menyeleksi informasi yang akan kita peroleh. Beberapa manfaat internet untuk
kepentingan pembelajaran adalah:
1. Pengembangan Profesional
a. Meningkatkan pengetahuan
b. Berbagi sumber informasi diantara
rekan sejawat/ sedepartemen
c. Berkomunikasi keseluruh belahan
dunia
d. Kesempatan untuk menerbitkan
/mengumumkan secara langsung
e. Mengatur komunikasi secara teratur
f. Berpatisipasi dalam forum dengan
rekan sejawat baik local maupun internasional .
2. Sumber Belajar/Pusat Informasi
a. Informesi media dan metodologi
pembelajaran
b. Bahan baku & bahan ajar untuk
segala bidang pelajaran
c. Akses informasi IPTEK
d. Bahan Pustaka/referensi
3. Belajar sendiri secara cepat
a. Meningkatkan pengetahuan
b. Belajar berinteraktif
c. Mengembangkan kemampuan di bidang
penelitian
4. Menambah wawasan, pergaulan,
pengetahuan, pengembangan karier
a. Meningkatkan komunikasi dengan
seluruh masyarakat lain
b. Meningkatkan kepekaan akan
permasalahan yang ada diseluruh dunia
c. Informasi beasiswa, lowongan
pekerjaan, pelatihan.
d. Hiburan dsb
Dan
masih banyak lagi manfaat yang bisa diperoleh dari internet sesuai kebutuhan
informasi yang ingin diperoleh. NaAmun efek efek negative internet pun harus
diwaspadai seperti penyebaran virus komputer, pornografi, plagiat, penipuan dan
pencurian dsb. Segala fasilitas fasilitas untuk memperoleh informasi sudah
tersedia dii Internete, tergantung bagaimana kita mampu memanfaatkannya untuk
kebutuhan kita
PENGERTIAN MULTIMEDIA
1. Kombinasi dari komputer dan video
(Rosch, 1996)
2. Kombinasi dari tiga elemen: suara,
gambar, dan teks (McComick, 1996)
3. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output.
Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan
gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)
4. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan
interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin
dan Linda, 2001)
5. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001
adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik,
audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi,
berkreasi, dan berkomunikasi.
6. Multimedia is the use of several
different media to convey information (text, audio, graphics, animation, video,
and interactivity). Multimedia also refers to computer data storage devices,
especially those used to store multimediantent (wikipedia.org).
Pemanfaatan multimedia
1. Pendidikan tutorial, ensiklopedia
(misal: microsoft encarta, instruksional).
2. Informasi pariwisata, museum, galeri
seni.
3. Hiburan games, seni, pertunjukan
4. Kedokteran x-ray scanner
5. Periklanan iklan televisi, bandara,
kiosk, dll
Multimedia mampu
1. Mengubah
mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan
pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting:
Netmeeting!
2. Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat
dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan
sendirinya.
3. Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler,
banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara
online-banking.
4. Mengubah
cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai
software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com,
menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak
lagi.
5. Mengubah
cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online,
menggunakan e-book.
6. Internet Multimedia juga mulai
bersaing dengan televisi dan radio.
Keunggulan multimedia
1. Menarik perhatian karena manusia
memiliki keterbatasan daya ingat
2. Media alternatif dalam penyampaian
pesan diperkuat dengan teks, suara, gambar, video, dan animasi
3. Meningkatkan kualitas penyampaian
informasi
4. Interaktif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar